DEMI NEGARA

Dear Efi,

Gw sedang mengikuti pelatihan kepemimpinan yang diadakan pemberi beasiswa gw selama dua minggu nih. Maaf tidak sesering biasanya memberi kabar. Banyak sekali tugas yang harus gw bereskan dalam waktu yang singkat. Untungnya di sini gw bertemu dengan teman-teman sesama penerima beasiswa yang seru.

Pelatihan ini menyadarkan gw tentang berbagai hal. Di sini gw berkumpul dengan ratusan anak-anak muda berbakat dari seluruh Indonesia dalam satu ruangan. Mereka punya latar belakang pendidikan yang berbeda-beda. Dari yang pendidikannya mainstream macam ekonomi, IT, atau hukum, sampai yang spesialisasinya soal teknologi kelautan atau studi museum.

Ada yang IPK-nya sempurna. Ada juga yang masih sangat muda dan akan mengambil program S3 di berbagai universitas terkemukan di dunia. Ada juga yang berasal dari keluarga yang berada, namun ada berjuang mengarungi lautan Indonesia yang ganas agar bisa sampai di Jakarta demi beasiswa ini.

Mereka disaring dan mendapatkan beasiswa tersebut bukan hanya karena mereka pintar. Ini juga karena mereka punya mimpi yang sama, yaitu membangun negaranya. Mengerahkan segara pengetahuannya agar bisa berkontribusi lebih kepada bangsa. Melihat hal ini, gw jadi yakin Indonesia punya masa depan yang cerah nantinya.

Mendapatkan beasiswa dari pemerintah sendiri itu memang punya tanggung jawab yang besar. Gw bisa sekolah dari uang yang disisihkan sebesar 20 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dana yang berasal dari orang-orang Indonesia yang rajin bayar pajak. Dari uang pajak lu juga, Fi.

Jadi, berbeda dengan mereka yang mendapatkan beasiswa dari donor asing, gw lebih punya kewajiban moral. Gw wajib kuliah dengan benar dan bisa punya GPA bagus, agar uang yang disumbangkan buat gw ngak sia-sia. Biar lu ngak perlu ngomel-ngomel ngak rela karena nilai gw jelek.

Dan, yang paling penting, gw harus bisa memberikan kontribusi positif bagi negara gw. Keren, kalau gw bisa memberikan dampak yang besar bagi banyak orang. Tapi, gw ngak mau muluk-muluk. Setidaknya, gw mulai dengan memberikan manfaat bagi orang-orang di sekeliling gw nantinya. Semoga dimudahkan.

Tinggalkan Balasan

