SAAT YANG TEPAT

Dear Efi,

Hati-hati di Thailand. Gw dengar sedang rusuh tuh. Oh ya, selagi lu menikmati perjalanan lo, gw sedang berjuang dengan beasiswa gw.

Gw selalu percaya Tuhan memberikan sesuatu di saat yang tepat. Ketika kita benar-benar siap menerima konsekuensi dari doa-doa kita. Lu tahu kan gw begitu fokus mencari beasiswa biar bisa sekolah di Inggris, hampir dua tahun ke belakang ini. Jatuh bangun deh pokoknya. Dari yang ditolak universitas, beasiswa, sampai ditolak cowok (*eh hahaha). Untungnya ngak putus asa.

Setelah pengumuman sebuah beasiswa pemerintah menghampiri email gw awal tahun ini, gw kemudian flash back lagi. Berandai-andai, bagaimana kalau beasiswa itu gw dapatkan tahun kemarin atau dua tahun lalu? Lalu gw sadar, memang seharusnya Tuhan ngak memberikan beasiswa itu ke gw saat itu karena gw belum siap. Baik secara mental ataupun faktor keluarga.

Segala penghalang dan hal yang berpotensi jadi beban gw bila melanjutkan pendidikan ke luar negeri, tiba-tiba diangkat pada 2014. Saat di mana adik gw sudah lulus kuliah dan tanggung jawab keluarga bisa gw alihkan sedikit ke dia. Saat kakak gw dapat promosi di pekerjaannya. Saat Papa sedang asyik-asyiknya menikmati tahun-tahun terakhir sebelum dia pensiun. Itu juga adalah saat gw siap untuk meninggalkan Indonesia.

Jadi semua indah pada waktunya. Asal kita tidak menyerah dan putus asa. Karena, Tuhan memutuskan mengabulkan doa kita atas dua alasan. Pertama, Tuhan berpikir, doa yang kita panjatkan adalah hal yang terbaik buat kita. Kedua, karena Tuhan ingin menunjukkan akibat dari doa kita. Apapun alasannya, Tuhan ingin kita belajar.

Jaga kesehatan!! Kirimkan gw foto jalan-jalan lu!

Tinggalkan Balasan

