TERNYATA BISA

Dear Efi,

Selagi lu menikmati pekerjaan bantu-bantu bikin rumah hijau, gw sedang berjuang dengan pelatihan buat penerima beasiswa. Pelatihan kemimpinan itu juga memberikan pelajaran bahwa gw bisa melakukan berbagai hal yang sebelumnya gw pikir tidak mampu gw lakukan. Bayangkan gw harus jalan di atas api. Harus melawan rasa takut gw terhadap tempat gelap. Gw disuruh berjalan sendirian di dalam hutan dan berdiam di dalam rumah angker pada jam 12 malam. Bayangkan! Tengah malam!!!

Ngak cuma itu. Setiap waktu makan, gw diharuskan menghabiskan makanan gw dalam waktu yang ditentukan. Biasanya lima menit, bahkan kadang di bawah itu. Tidak boleh ada sisa sedikit pun. Untungnya gw memang pemakan yang sangat cepat dan penyuka segala.

Ada lagi yang paling parah, gw disuruh lari empat kilometer pada jam 12 siang. Panas! Dan ngak dikasih air! Tersiksaaaa. Padahal lu tahu, tiga tahun lalu kaki gw sakit sampai ngak bisa jalan dengan baik. Trauma di kaki masih ada. Makanya gw aneh kenapa kaki gw ngak protes saat itu. Anehnya gw bisa melakukan semua tantangan itu dengan baik. Ini karena ada motivasi yang kuat di diri gw bahwa beasiswa ini pantas gw perjuangkan dan hal-hal tersebut bukan hal besar buat gw. Iyah, motivasi juga yang bikin lu bisa bertahan di negeri orang sana.

Gw juga belajar bahwa setiap orang bisa jadi pemimpin. Tidak perlu menjadi sangat pintar atau bertampang garang untuk bisa jadi pemimpin. Mereka yang pantas diikuti adalah dia yang mampu menghargai dan memanfaatkan potensi dalam diri orang lain. Mereka yang pandai melihat peluang. Mereka yang mau mendengarkan dan mengambil inisiatif. Pemimpin juga mereka yang mau dipimpin.

Tinggalkan Balasan

