DEG-DEG VISA

Dear Efi,

Gw akhirnya merasakan deg-deg-annya menunggu visa beres. Sekarang gw paham gimana perasaan lu dulu saat menunggu visa Ausie sampai di tangan. Kalau itu visa ngak disetujui, uang jutaan rupiah melayang.

UK setahu gw adalah negara yang biaya pembuatan visanya termahal. Sekitar 310 pound atau Rp 6 juta (berdasarkan kurs saat ini). Waktu pembuatan visa pun termasuk lama sekitar 15 hari kerja. Kalau mau lebih cepat, sekitar 8 hari kerja, bisa pakai jalur ‘priority’, tapi harus rela menambah biaya sekitar Rp 2,2 juta. Itu kalau normal. Kalau sedang ramai, terutama tiga bulan menjelang September, waktunya bisa lebih panjang. Setiap hari bisa stress menunggu dan bertanya-tanya apakah permohonan visanya disetujui atau tidak.

Bahkan ada teman gw yang baru setelah dua bulan mendapatkan hasil permohonan visa pelajarnya. Dan, harus gigit jari karena saat mengambil dokumen yang didapatkannya bukan paspor yang telah ditempeli visa, tapi surat penolakan masuk UK. Sekarang dia sedang pusing untuk mengajukan permohonan lagi, padahal kuliah sebentar lagi mulai. (Semoga visanya segera jadi….amin).

Waktu yang lama disebabkan semua permohonan visa yang berasal dari Indonesia, bahkan seluruh ASEAN kini harus terlebih dahulu dikirim ke pusat pelayanan Visa Inggris di Thailand. Sehingga ada tambahan waktu pengiriman dokumen dari dan ke negara itu. Jadi, keputusan apakah visa kita lolos atau tidak itu adanya di Bangkok, tidak di Jakarta lagi.

Syarat pengajuan visa pun cukup ribet. Sebelumnya pemohon harus melakukan tes TBC dulu yang hanya bisa dilakukan di dua rumah sakit di Jakarta, yaitu RS Premier Jatinegara dan RS Premer Bintaro. Biayanya lumayan, sekitar Rp 500 ribu. Kemudian pemohon diminta mengisi formulir visa secara online dan mentransfer biaya visa yang telah ditetatapkan. Mereka tidak menerima pembayaran secara tunai.

Pemohon kemudian diminta untuk memilih tanggal wawancara dan tes biometric yang tersedia. Kalau beruntung, bisa mengikuti wawancara seminggu setelah formulir pendaftaran di submit. Bisa saja pemohon baru bisa mendapatkan waktu wawancara dua minggu hingga tiga minggu kemudian.Tapi jangan khawatir dulu. Rajin-rajin saja terus mengecek jadwal wawancara yang ada di akun pendaftaraan, kadang-kadang ada tanggal yang sebelumnya tidak tersedia, malah bisa dipilih.

Pada hari wawancara jangan lupa membawa semua dokumen yang diminta. Kalau ada dokumen pendukung yang dirasa bisa meningkatkan posisi tawar kita, cantumkan saja. Untuk penerima beasiswa tidak perlu melampirkan foto kopi rekening, cukup surat jaminan dari sponsor saja. Setelah menyerahkan dokumen, pemohon akan diminta untuk tes biometrik atau pengambilan sidik jari serta melakukan wawancara. Bebas Masuk

Alhamdulillah, pengurusan visa gw dilancarkan… (sujud syukur). Tepat 15 hari kerja,gw dikabari kalau keputusan atas permohonan visa gw sudah dibuat melalui email. Setelah email diterima, gw baru bisa mengambil visa dan dokumen gw empat hari sesudahnya. Itu waktu yang dibutuhkan bagi dokumen dikirim dari Bangkok ke Jakarta. Fiuh… jadi juga berangkat.

Bagi yang akan mengurus visa pelajar ke UK, semangat ya!!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s