Seberapa Jauh Dari Rumah

Ada fakta menarik terkait perjalanan saya kali ini. Perjalanan ke Kolombia yang menjadi bagian perntauan saya kali ini merupakan yang terjauh dari kota asal di Indonesia, Jakarta.

Supaya makna “terjauh” dapat dimengerti dengan baik. Ada baiknya saya jabarkan dulu tentang peta antipoda. Peta yang baru dikenalkan seorang teman dan membuka mata lebar-lebar. Antipoda sendiri berarti bertolak belakang, sedangkan peta antipoda akan menunjukan posisi satu kota dengan negara lainnya di belahan dunia lainnya.

Ilustrasi mudahnya seperti ini, jika saya menggali tanah di Jakarta dengan pola yang lurus sampai membelah perut bumi, ujung terowongan akan berada di kota lain di belahan dunia yang lain pula.

Nah, posisi saya saat ini adalah La Marina, Tulua, Kolombia. Saya coba cari tahu dimanakan ujung terowongan akan berada dan ternyata lokasinya adalah Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. WOW! Di Indonesia.

Iseng-iseng saya coba masukan kota terjauh dari Jakarta. Dan jawabannya adalah lagi-lagi di Kolombia. Berdasarkan situs furthestcity.com kota dengan populasi  lebih dari 100.000 jiwa terjauh dari Jakarta adalah Sogamoso. Jarak antarkedua kota mencapai 19.945 km. Sementara itu, kota terjauh dengan penduduk lebih dari 1 juta jiwa adalah Bucaramanga dengan jarak mencapai 19.904 km.

antipode2Data yang ditunjukan oleh furthestcity.com belum tentu paling akurat. Dalam keterangan yang dicantumkan dalam situs tersebut dijelaskan kalau titik terjauh atau antipoda sebuah kota bisa saja berada di lautan luas. Agar lebih memudahkan pengelola situs hanya menampilkan kota terjauh dengan jumlah populasi lebih dari 100.000 dan 1 juta jiwa.

Lalu sejauh apakah posisi saya sekarang dengan rumah? Estimasi kasarnya adalah 19.619 km. Berarti saya harus melanjutkan perjalanan sekitar 326 km lagi untuk mencapai titik terjauh yang bisa saya injak dari rumah. Eh tapi, itu jarak yang kalau ditarik garis lurus ya. Kalau saya berniat mencapai Sogamoso jarak yang harus ditempuh lebih dari 500 km. Maklum kontur permukaan Kolombia berbukit-bukit jadi jalan yang dilalui berkelok sehingga menambah jarak tempuh.

image

Bentuk bumi sebenarnya tidak bulat sempurna, kutub utara dan selatan cenderung datar sedangkan bagian khatulistiwa lebih melengkung. Oleh karenanya posisi Indonesia khususnya Jakarta bukan saja sebagai antipoda dari Kolombia tetapi juga sebagai titik terjauh. Keliling permukaan bumi mencapai 40.000 km, jika suatu saat nanti saya mencapai Sogamoso, berarti saya bisa mengklaim sudah berkelana hampir separuh bumi dan juga titik terjauh dari rumah.

6 Replies to “Seberapa Jauh Dari Rumah”

  1. Wah sampe kepikiran ya ngukur dari kolombia ke rumah (indonesia) tapi keren bs pergi sejauh itu

Tinggalkan Balasan

