Goa Buniayu: Si Cantik Yang Tersembunyi di Sukabumi

Bapak pemandu bilang Buni berarti sembunyi dan ayu berarti cantik, jadi Buniayu adalah kecantikan tersembunyi. Goa ini sendiri berada di Sukabumi, Jawa Barat. Setelah sekitar empat jam menjelejah perut bumi, 30 meter di bawah permukaan tanah, saya patut setuju dengan si bapak. Katanya, dulu, goa ini berada di bawah permukaan laut, sekarang, sih, tidak lagi.

Selama “gerilya” di bawah tanah, mata saya menikmati bentuk-bentuk sedimen yang cantik, bahkan ada beberapa yang mirip dengan koral yang biasa ditemui di bawah laut. Tidak hanya itu, Buniayu juga memiliki sumur sedalam 500 meter dan berair asin. Beneran ciamik.

 

 

Iklan

9 Replies to “Goa Buniayu: Si Cantik Yang Tersembunyi di Sukabumi”

  1. Woh, itu artinya daerah sana dulu adalah laut ya. Boleh jadi ada peradaban masa lalu di sana kali ya, sebab Sangiran pun dulunya adalah laut (mikir kejauhan). Seru banget… saya penasaran dengan sisa-sisa tumbuhan laut di sana; bagaimana ya keadaannya. Memang tempat ini buniayu banget, tersembunyi tapi indah.

    1. Oh iya bisa jadi yah ada peradaban juga. Mampirlah Mas Gara. Beneran deh cantik dan sehat-sehat stalagmit dan stalagtitnya. Koralnya pun demikian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s