Parade Berkuda di Kolombia

Parade berkuda di Kolombia atau yang disebut Cabalgata menjadi salah satu atraksi budaya yang cukup menarik untuk disaksikan. Budaya berkuda dapat ditemukan di daerah pedesaan. Di tempat saya tinggal saat ini para caballista (penunggang kuda) secara rutin melakukan parade ini. Bukan hanya sekadar mengajak kuda berjalan-jalan tetapi juga sebagai atraksi pembuka di setiap feria (festival).

Saya mendengar akan ada feria di desa sebelah dan akan dimeriahkan oleh para caballista. Kebetulan tidak ada kegiatan saat itu maka saya memutskan untuk datang sekadar untuk membuang waktu. Sesampainya di tempat tujuan sudah banyak orang menantikan kedatangan hewan gagah tersebut.

Cabalgata•Calvacade•Horse riding parade Still can be found in small cities and country side of Colombia. Big cities like Medellin and Cali for example banned the parade due to animal mistreating. Horse riders usually drink liqour during the parade and some got drunk and abuse the animal. Not just that, the parade also generate left over; horse dung. Thus, people prefer not to have cabalgata taken place in their area. • • • #merantau2016 #raunround #globetrotter #worldnomad #planetwanderlust #backpacker #discoveryourworld #travelerstory #blogger #doyoutravel #ventureout #outdoor #darlingmovement #mytinyatlas #passionpassport #mytravelgram #instatravel #womantraveler #INDOTRAVELLERS #wanderlust #instagood #pictoftheday #instapics #theglobewandwerer

A post shared by Efi Yanuar (@efi.yanuar) on

Tepukan tangan pun bergemuruh saat satu persatu kuda memasuki lapangan umum desa tersebut. Cabalgata kali ini menjadi pembuka acara malam kontes kecantikan yang diadakan di desa itu. Selesai mengantar para peserta kontes, maka tugas caballista pun selesai.

Cabalgata masih dapat ditemukan dalam festival yang dilakanakan di kota relatif kecil juga di daerah pedesaan. Sementara di kota besar seperti Cali dan Medellin, parade ini sudah dilarang. Alasan utamanya adalah karena ada sebagian caballista yang mengonumi minuman beralkohol selama parade. Saat mereka terlalu mabuk mereka biasanya bertindak kasar pada hewan tunggannya.

Selain itu, semakin besar suatu kota semakin banyak pula partisipan parade. Biasanya selama parade jalan umum akan ditutup, yah wajar sih kalau ada warga yang merasa terganggu. Ekses dari kegiatan ini, seperti kotoran kuda dan sampah makanan, pun menambah ketidaknyamanan warga.

Dalam parade kemarin kebetulan ada seorang kenalan saya ikut berpartisipasi dan ia menawarkan apakah saya mau mencoba menunggang kuda. Saya terima ajakan tersebut karena saya pikir akan ada yang menuntun kuda seperti di tempat wisata pada umumnya. Ternyata tidak ada sekali. Teman saya hanya memberikan arahan singkat cara mengarahkan jalan kuda sebelum dia melompat ke atas kuda yang lain.

Kekhawatiran terbesar saya saat menunggang kuda adalah jatuh dari ketinggian lebih dari 1,5 meter. Saya juga takut kuda akan mengamuk dan akan melukai saya dan orang-orang yang sedang berkerumun. Untungnya ketakutan tersebut tidak terbukti. Kuda yang saya tunggangi kebetulan jinak dan mudah diarahkan. Saya pun bisa menikmati tiap hentakan saat si kuda melangkah dan berlari. Sensasinya sungguh mengasyikan.

Boleh percaya atau tidak, semenjak saat itu saya jatuh cinta pada hewan kaki empat nan gagah itu. Mudah-mudahan suatu saat nanti bisa memiliki kuda sendiri.

 

 

9 Replies to “Parade Berkuda di Kolombia”

  1. Ngomong-ngomong parade berkuda ini melambangkan apa, Mbak? Sebagai acara penyambutan atau ada maknanya? Budaya berkuda sepertinya kental ya di sana kalau parade seperti ini rutin diselenggarakan. Saya tidak pernah naik kuda… pernah sih lihat ada wisata naik kuda di Candi Gedong Songo, cuma saya mengurungkan niat, soalnya kasihan kudanya menanggung beban yang begitu berat, haha.

    1. Nah soal maknanya aku juga belum nemu mas. Nanya ke caballista mereka cuma bilang “ya seperti sayang binatang aja”. Aku kira juga ada arti simbolik kepahlawanan atau gmn gitu. Tapi sepengamatanku sih yg punya kuda hanya orang2 tertentu yg punya rezeki lebih dan telaten. Tapi yg ikut parade begini biasanya yg punya rezeki lebih lagi. Hahaha

      Ada yg bilang caballista itu selevel dengan harlista (pengendara HD).

      Eaalaaah seberat apa sih hidupmu Mas Gara??

      1. Mungkin perayaan sebagai tanda syukur atas rezeki kali ya Mbak, hehe.
        Berat Mbak, banyak masalah #halah.

Tinggalkan Balasan

