#CelotehTukangJalan: Nge-blog-lah Maka Kamu Ada

Tema perantauan di blog ini lahir gara-gara saya dan Pipit pergi merantau ke negeri orang. Saat itu, kami berpikir enggak ada salahnya kalau pengalaman di tanah orang kami ceritakan di blog ini.

Saat itu saya berpikir siapa tahu catatan perantauan kami bisa dibukukan. Kalau saya pribadi, niat tersebut tercetus supaya ada tujuan. Yah, berjalan tanpa tujuan memang menyenangkan, tapi hanya sementara. Oleh karena adanya tujuan, setidaknya jalan kami lebih terarah. Yah, walau sampai sekarang niatan tersebut belum terwujud. Apalah arti niat tanpa eksekusi.

Saya tidak terlalu ingat apa niat Pipit atas blog ini. Dia hanya suka menulis dan tidak muluk-muluk niatnya. Hal tersebut terlihat dari komentarnya sebelum blog ini lahir, “siapa, sih, kita? Bukan Che Guevara, tulisan kita siapa yang baca?”.

Iya sih, kami bukan siapa-siapa. Tapi tidak ada salahnya bukan?

Usia blog ini masih muda sekali dan konsistensi kami mengisinya pun masih tergantung pada mood. Namun, lama kelamaan saya menikmatinya karena beberapa alasan.

Pertama, selama merantau saya jarang sekali bercakap-cakap dalam bahasa Indonesia. Kalau ketemu orang yang bisa berbahasa Indonesia saya senang bukan kepalang. Namun, kejadian tersebut tidak berlangsung lama, kami pasti akan terpisah lagi karena kepentingan masing-masing.Kadang saya takut tidak bisa berbahasa Indonesia dengan baik kalau jarang digunakan. Oleh karenanya, menulis dengan bahasa Indonesia di blog ini membantu saya untuk tetap terus menjaga kemampuan berbahasa saya.

Kedua, saya tergolong orang yang malas untuk bercerita secara langsung pada orang tentang pengalaman di tanah rantau. Mau bercerita paling saat ada yang bertanya, kalau tidak ada yang penasaran, saya akan cerita. Nah, kadang rasa ingin bercerita itu rupanya tak tertahankan dan blog adalah saluran yang paling tepat untuk menumpahkan segala hasrat. Walau kadang terkesan monolog, ya, enggak apa. Yang penting sudah puas bercerita.

Ketiga, gara-gara terbiasa menulis saat dulu masih bekerja membuat saya rindu akan kegiatan yang satu itu. Selain itu, menulis juga membuat saya lebih menghargai dan sadar akan kemampuan diri sendiri. Katanya, kan, practice makes perfect.

Keempat, aktualisasi diri. Gara-gara pernah bekerja di media massa dan selalu melihat tulisan saya dimuat di koran tempat bekerja, akhirnya setelah resign saya merasa ada yang hilang. Nah, blog ini membuat saya terus berkarya dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Saya pernah membaca plesetan kutipan Descartes “cogito ergo sum” –berpirkirlah maka kau ada-menjadi “menulislah maka kau ada”. Dan, blog inilah salah satu yang membuat saya “ada”.

Kelima, kenang-kenangan. Mungkin nanti ada masanya saya tidak bisa bepergian kemanapun, tetapi saya masih bisa terus menjelajah dengan membaca tulisan-tulisan yang pernah dibuat. Bukankah hal tersebut hadiah yang indah untuk diri kita di masa depan?

***

Tulisan kali ini merupakan collab pertama bersama tiga orang teman saya yang sekarang juga lagi asik nge-blog. Baca juga alasan mereka nge-blog di tautan di bawah ini ya.

Dita: Ngapain, Sih, Nge-blog?

Nita: Saya Nge-Blog, Biar Ga Goblog

Ria: Anda Mulai Merasa Sedikit Tidak Waras? Menulislah

Ikuti #CelotehTukangJalan edisi berikutnya ya.

18 Replies to “#CelotehTukangJalan: Nge-blog-lah Maka Kamu Ada”

  1. alasanku ngeblog, krn aku pelupa :D.. aku g pgn semua pengalaman traveling dan kulinerku jd lupa… makanya semua aku tulisin di blog.. so, kalo suatu hari mau dtg lg , stdknya ada catatan yg tertinggal 😀

  2. Setujuuuuu.. 2005 saya pertama nyampe eropa, dan nyobain blog di awal 2006,. g mikir siapa yg baca, yg penting hati plong karena nulis itu ternyata menyenangkan hehe

Tinggalkan Balasan

