Kesenian Bawah Tanah New York City

Sudah nonton video Miley Cyrus dan Jimmy Falon yang menyamar terus ngamen di subway New York City (NYC), Amerika Serikat, belum? Coba tonton dulu deh, nanti baru saya cerita lagi.

Gimana pendapatnya? Keren ya mereka. Saya sih bukan penikmat Miley tapi saya bisa menikmati pertunjukan dia yang satu ini, terlebih dia tampil bareng Jimmy yang selalu keren.

Gara-gara video di atas saya bisa merasakan kerennya suasana bawah tanah NYC. Ya, namanya juga subway pasti di bawah tanah lah ya posisinya.

Masih segar dalam ingatan saya betapa mengasyikannya untuk sekadar nongkrong di subway NYC. Kenapa? Karena banyak pengamen keren dengan suara ciamik. Dan, para pengguna subway yang kebetulan tidak terburu-buru pasti bakal berhenti dan menikmati pertunjukan tersebut.

Salah satu yang saya suka dari para New Yorker (sebutan penduduk NYC) mereka tuh ekspresif. Mereka bukan cuma mendengarkan, tapi juga ikut bernyanyi dan juga bergoyang kalau perlu. Mereka akan bereaksi seperti itu untuk siapapun yang mengamen.

Ketika itu di tengah perjalanan pulang menuju penginapan setelah berpusing-pusing seharian di kota New York, saya putuskan berhenti saat melihat sekerumunan orang di salah sudut subway. Biasanya saya jarang kepo saat lihat orang berkumpul, tapi kali itu saya mendengar ada musik yang asik di dengar. Sayapun bergabung.

Keputusan saya untuk menjadi kepo saat itu ternyata tepat. Saya larut dalam energi menyenangkan yang bersumber dari seorang pengamen dan penontonnya. Cek saja video di bawah ini.

Awalnya si pengamen bernyanyi Lady Marmalade (psst,,, ini lagi favorit saya kalo lagi karokean) sendirian, tapi ujung-ujungnya dia membiarkan penontonnya mengambil alih “panggung”. Enggak berapa lama kemudian ada anak kecil perempuan yang joget dan semua penonton berteriak “you go girl! you go girl!“. Si anak pun semakin lincah bergerak seiring makin bergemuruhnya teriakan penonton.

Saya yang awalnya capek, langsung kembali semangat. Baterai saya langsung penuh. Walaupun sedang tidak berada di depan cermin, saya yakin muka saya saat itu sumringah banget. Samalah seperti penontonnya Miley dan Jimmy.

Misalnya nih, kalian main ke NYC bisalah nontonin para pengamen ini. Penting diingat kalau enggak semua subway ada pengamennya, cari stasiun yang cukup besar hal itu bisa diketahui dari jumlah jalur subway yang dimiliki. Semakin banyak warna jalur subway yang melintas di stasiun tertentu kemungkinan ketemu pengamen kece juga semakin besar.

Atau kalian mau unjuk kebolehan di tempat umum? Boleh saja asal ada izinnya. Cek saja ketentuan perizinannya di sini.

Tinggalkan Balasan

