Teh Daun Koka, Minuman Herbal Masyarakat Andes

Kolombia merupakan salah satu negara di Amerika Selatan yang berada dalam baris pegunungan Andes. Tidak heran kalau banyak kota besar di Kolombia yang berada di dataran tinggi. Oleh karena itu, tidak mengherankan pula kalau di bebrapa kota tersebut cuacanya sejuk cenderung dingin, contohnya di Bogota.

Untuk mengurangi rasa dingin tersebut masyarakat asli pegunungan Andes punya cara ampuh untuk menghalaunya dengan meminum teh yang terbuat dari daun koka. Selain diracik sebagai teh, daun koka ini pun dapat dikunyah mentah-mentah.

Masyarakat Andes pun percaya kalau daun ini dapat mengurangi rasa sakit akibat ketinggian. Makanya jangan heran kalau nanti berkunjung ke Amerika Selatan dan masyarakat setempat menawarkan daun koka, turuti saja demi kebaikan kita juga.

O iya, daun koka ini mengandung alkaloid yang bila diekstrak secara kimiawi akan menjadi bahan dasar pembuatan kokain. Tapi jangan khawatir, hanya dengan meminum teh daun koka tidak akan membuat kita ketergantungan karena kandungan alkaloidnya rendah bila dibandingkan dengan kokain.

4 Replies to “Teh Daun Koka, Minuman Herbal Masyarakat Andes”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s