Tips Seru-Seruan Songkran di Thailand

Jikalau berkunjung ke dataran Indochina medio April, jangan sampai kelewatan kirab budaya menyambut tahun baru atau yang lebih terkenal dengan Songkran. Dilaksanakan di tengah puncak musim panas daerah tersebut, Songkran yang juga dikenal sebagai Water Festival, merupakan oase yang menyenangkan.

Kepopuleran Songkran sudah bergema di seluruh dunia. Tidak sedikit pelancong yang sengaja datang demi menikmati festival air ini. Saya sendiri pernah seru-seruan ambil bagian dalam Songkran di Thailand. Dan, merupakan sebuah pengalaman yang enggak bakal saya lupa. Ya bagaimana tidak, selama dua hari pakaian saya tidak pernah kering, selalu basah. Ya namanya juga festival air.

4 (1)

Nah, kalau pembaca yang budiman sekalian sudah memegang tiket ke Thailand demi berpartisipasi dalam Songkran. izinkanlah saya membagikan beberapa tips seru-seruan selama Songkran.

Joom!

Hormati Mereka Yang Tidak Mau Basah

Setiap orang yang berada di jalan umum selama Songkran harus selalu siap sedia untuk basah. Harus ikhlas kalau tiba-tiba ada yang mengguyur kepala kita dengan air. Sabar. Tidak boleh marah. Meski demikian, ada baiknya juga kita tidak terlalu lebay, gara-gara larut dalam euforia eh semua orang saja disiram air.

6 (1)

Saya sempat melihat beberapa backpackers yang baru banget sampai Khao San Road dengan backpack segede gaban terus disiram dengan seember air dingin. Tentulah si backpacker marah, karena mungkin siraman itu bukan yang kali pertama dia terima. Kebayang enggak sih capeknya bongkar muat backpack yang basah?

Yah berempati sedikitlah. Lihat-lihat situasi dan kondisi.

8 (1)

Siapkan Senjata Air Tahan Banting
5 (1)

Siapkan anggaran yang cukup untuk membeli senjata air yang mumpuni. Festival setidaknya berlangsung selama tiga hari. Jadi pastikan senjata air kalian bisa tahan lama. Perhatikan kekuatan semprotannya ya, semakin kuat semakin baik. Selain itu, juga perhitungkan kemudahan isi ulang air biar tidak ribet.

Bawa Uang Secukupnya

2 (1)

Kapasitas senjata air memiliki kapasitas kecil. Jadi dengan beberapa kali kokang saja air di dalam tangki akan habis. Tapi, tenang saja di pinggir jalan banyak sekali yang menjajakan air isi ulang berbayar. Nah, inilah salah satu hal kenapa perlu membawa uang secukupnya. Eh, sekadar cerita nih, pemilik hostel tempat saya menginap dulu menyediakan satu drum besar berisi air. Sebenarnya sih buat keperluan mereka sendiri tapi saya coba dekat-dekat dan bilang kalau menginap di hostel tersebut dan mereka membiarkan saya mengisi ulang senjata air gratis! hehehehe

Ingat Makan

Untitled design (21)

Ingat enggak sih, saat kecil dulu kita harus isi perut dulu sebelum main hujan? Biar enggak masuk angin kalau kata ibu saya. Nah, sepanjang hari selama Songkran sudah pasti kita akan selalu basah-basahan jadi sempatkan makan ya. Ah, pasti tak sulit cari penjual makanan selama Songkran mereka ada dimana-mana.

Waterproof Case

Untitled design (24).png

Pakai pengaman biar tidak kebobolan. Jika membawa peralatan elektronik seperti ponsel dan kamera pastikan mereka terlindungi ya. Jangan sampai kebasahan.

Pakaian Nyaman dan Cepat Kering

17 (1)
Pastikan jenis bahan baju yang dipakai cepat kering di badan ya. Selain itu, buat kenyamanan lebih baik pakai sendal terbuka ketimbang sepatu. Biar jari kaki tidak keriput kedinginan.

Oh iya, beberapa waktu yang lalu pemerintah Thailand memberikan saran kepada para perempuan supaya berpakaian sopan selama Songkran. Alasannya agar tidak mendapatkan pelecehan seksual. Memang sih, dalam kegiatan seperti ini ke-grepe-grepe itu kadang enggak bisa dihindari. Saran saya, tampol saja yang grepe-grepe. Seenaknya saja cari kesempatan.

Mulai Beraksi Siang Hari

7 (1)
Makan siang dulu, Bos! Setelah perut terisi amunisi barulah beraksi. Biasanya nih, sekitar setelah makan siang banyak orang turun ke jalan. Kalau kepagian masih sepi. Oh, selain itu disiram air saat matahari sedang ganas-ganasnya itu menyegarkan.

1 (1)Untitled design (22)

Gimana, sudah siap seru-seruan Songkran?
Selamat bersenang-senang!

8 Replies to “Tips Seru-Seruan Songkran di Thailand”

  1. Ow! Festivalnya basah banget. Keren bagaimana pemerintah sana bisa mengemas festival ini, ya. Saya dengar festival ini jadi salah satu tujuan wisata utama di Thailand dan sangat menggaet wisatawan. Semoga di Indonesia juga ada festival bermagnitud serupa ya, jadi pariwisata negeri ini bisa ramai dan hidup (amin). Basah-basah begini memang tidak boleh lupa buat bawa drybag, sebab lumayan repot juga jika ponsel basah, haha!

  2. Belum pernah nyempetin diri buat festival basah-basahan ini si. Tapi seru juga kayanya.
    Eh aku baru tau kalau refill air nya ternyata pake bayar. Hihihi… bisnisnya bisa aja ya :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s